PRIVATE JET: 60 Orang Indonesia Punya Jet Pribadi

(ilustrasi/reutes)

JAKARTA–Pasar pesawat jet pribadi (private jet) berpotensi tumbuh konstan dalam beberapa tahun mendatang.

Aircraft Sales Director Hawker Pasific Private Jets, Joachim Hartmann, mengatakan saat ini jumlah pesawat pribadi yang dimiliki oleh orang Indonesia mencapai 60 unit.

“Sejak 4 tahun terakhir, pembelian pesawat pribadi menunjukan pertumbuhan yang konstan, dengan sekitar 5-6 pembelian per tahun. Tahun lalu, pembelian melonjak dengan kuantitas sekitar 10 hingga 12 unit,” katanya, Rabu (27/3).

(ilustrasi/reuters)

(ilustrasi/reuters)

Dia menjelaskan, harga pesawat pribadi sangat beragam. Jenis Hawker 400 XP dengan kapasitas 7 kursi bisa dimiliki dengan harga US$5 juta. Sedangkan tipe Global 6000 dengan 14 kursi dijual dengan harga US$55 juta.

“Pertumbuhan penjualan pesawat pribadi tidak linier dengan pertumbuhan produk domestik bruto, karena pilihan untuk membeli sangat bersifat individual, sehingga pertumbuhannya tidak bisa diprediksi dengan pasti,” sambungnya.

Minat terhadap pesawat pribadi, menurutnya tidak hanya dipengaruhi oleh seberapa kaya seseorang karena pembelian lebih dipacu oleh kebutuhan akan mobilitas tinggi.

Pesawat pribadi diyakini dapat meningkatkan mobilitas dan menghemat waktu. Riset menunjukan dari 100% waktu yang disisihkan untuk melakukan perjalanan udara, 53%-nya dihabiskan untuk menunggu, dan 18% dihabiskan untuk transit. Waktu penerbangannya sendiri sebetulnya hanya 29%.(JIBI/yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X