Rakyat Inggris Berpesta Rayakan Tahta Ratu Elizabeth

Ratu Elizabeth (reuters)

LONDON: Sejak sebulan lalu, jalan jalan utama di Kerajaan Inggris, pusat belanja, gedung perkantoran dan hotel bahkan rumah penduduk dihiasi bendera Union Jack menyambut perayaan 60 tahun “Diamond Jubilee” Ratu Elizabeth bertahta.

Berbagai kegiatan menandai perayaan ini diadakan sepanjang tahun dan puncak acara digelar pada akhir pekan 2 Juni hingga 5 Juni dengan berbagai acara mulai dari pacuan kuda, kontes perahu layar di Sungai Thames sampai konser musik dengan menampilkan penyanyi kondang serta upacara kebaktian di kathedral.
Pada puncak peringatan ini bertepatan dengan libur sekolah dan hari libur nasional 4 Juni yang disebut dengan Boxing Day dan ditambah satu hari libur pada Selasa 5 Juni yang merupakan tambahan libur khusus untuk peringatan Ratu ELizabeth bertahta.
Bendera Union Jack yang berwarna merah biru dan putih juga menghiasi berbagai bangunan dan jalanan di seluruh Inggris. Bahkan di kota kecil Colchester yang memiliki satu satunya hotel yaitu George hotel juga memasang bendera Union Jack serta pertokoan dihiasi pernak pernik bendera Union Jack.
Masyarakat Inggris diberbagai kota mengelar acara perayaan “Diamond Jubilee” dengan mengadakan pesta di jalan-jalan dan taman-taman yang dikenal dengan “street party” seperti yang dilakukan di rumah jompo milik Yayasan Balkerne Garden Trust, Sabtu siang.
Sejak pukul 12 siang, staf rumah jompo yang berpenghuni lebih dari 90 manula yang berusia antara 70 sampai 100 tahun menyiapkan hidangan sandwich, berupa roti yang diisi dengan daging dingin, telur atau sayuran atau keju dan menghiasi meja dan tenda dengan bendera Union Jack.
“Saya ingat waktu Elizabeth dilantik menjadi Ratu Inggris,” ujar Pam Boyle, salah satu staf rumah jompo Pasley House. Waktu itu usianya baru 12 tahun. Waktu itu dia menonton di televisi hitam putih sama sama menyaksikan peristiwa yang bersejarah bagi seluruh masyarakat Inggris.
Bagaimana tidak Elizabeth yang baru berusia 25 tahun harus mengantikan sang ayahanda yang meninggal dunia menjadi Ratu Inggris yang akan mengubah hidupnya itu.
Menurut Pam, waktu itu bulan Februari, Inggris masih diliputi musim dingin, saat itu Putri Elizabeth sedang melakukan lawatan ke Kenya, Afrika. Kunjungan ke Kenya yang merupakan lawatan internasional yang sebelumnya direncanakan ayahnya, Raja George VI, namun karena sakit, maka Putri Elizabeth dan Pangeran Philip yang mengantikan sang ayah.
Sementara itu, salah seorang penghuni rumah jompo Pasley House Marjorie Goodman (95) yang tinggal di London pada tahun 50- an mengakui saat Elizabeth dilantik menjadi Ratu, ia pun pulang ke rumah orang tuanya di Colchester untuk merayakan pesta jalanan.
Untuk pertama kalinya penobatan Ratu ditayangkan di televisi sehingga tidak heran kepala keluarga di Inggris waktu itu membeli kotak kaca ajaib yang masih berwarna hitam putih.
“Kami semua berkumpul di depan televisi menyaksikan acara penobatan Elizabeth menjadi Ratu Inggris,” ujar Marjorie yang mengakui di usianya yang 85 Ratu Elizabeth masih terlihat enerjik. senyumannya masih tetap menawan.
Pacuan kuda dan konser musik Peringatan 60 tahun Ratu Elizabeth bertaHta digelar selama empat hari yang dimulai hari Sabtu ditandai dengan 41 tembakan meriam dari luar Tower of London, tidak jauh dari jembatan Tower Bridge, London yang menjadi landmark kota London yang menjadi salah satu obyek wisata di London.
Selain itu juga, digelar parade pasukan pengawal kerajaan di jalan-jalan depan Istana Buckingham yang menjadi atraksi menarik bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke London.
Ratu Elizabeth, sebagai pengemar pacuan kuda, perayaan Diamond Jubilee juga digelar acara pacuan kuda yang diadakan di Epsom Derby, barat daya London.
Mengenakan busana warna biru Ratu Elizabeth dengan ditemani sang suami Pangeran Philip, dua putra mereka, Pangeran Edward dan Pangeran Andrew menyaksikan pacuan kuda yang ditayangkan stasiun televisi BBC London.
Pada hari Minggu, digelar kontes kapal layar yang diikuti oleh peserta dari seluruh penjuru Inggris, dari berbagai negara anggota Persemakmuran disepanjang sungai Thames, yang dimulai dari Alberth dan berakhir di Tower of London.
Sebanyak 1000 kapal layar beriring- iringan menyusuri sungai Thames termasuk kapal yang akan ditumpangi Ratu Elizabeth dan suaminya, Pangeran Philip, perahu Royal Barge.
Acara perayaan 60 tahun Ratu Elizabeth bertahta ditayangkan sepanjang hari oleh stasiun televisi BBC London yang sebelumnya menayangkan kisah Ratu Elizabeth sebagai seorang ibu dengan pembawa acara sang putra mahkota Pangeran Charles.
Selama dua hari libur nasional Senin dan Selasa yang disebut dengan “Boxing Day” itu juga diadakan acara konser musik bertabur bintang di depan istana Buckingham dengan menampilkan penyanyi kondang.Diantaranya yang akan mengisi acara Picnic at the Palace Gary Barlow, vocal Take That, kelompok JLS, Sir Cliff Richard, Annie Lennox serta Stieve Wonder.
Penyanyi lainnya yang akan tampil di panggung yang dipasang di depan Istana Buckingham di tengah tengah pantung Queen Victoria Memorial itu penyanyi Madnes, Grace Jones, Robbie William, Kylie Minoque dan Shirley Bassey.
Bagi masyarakat yang tidak beruntung mendapatkan tiket untuk menyaksikan konser di depan istana masih bisa menyaksikan di layar lebar yang dipasang di Hyde Park, The Mall dan St James Park. Konser yang dimulai pukul 197.30 itu juga tampil Tom Jones, Elton John,Cheryl Cole dan Jessie J.
Perayaan 60 tahun Ratu Elizabeth naik tahta ditutup dengan acara kebaktian Thanksgiving di gereja St Paul’s Cathedral, London.
Putri Elizabeth dilahirkan pada 21 April 1926, ayahnya Raja George VI wafat secara mendadak pada 6 April 1952, Elizabeth II dinobatkan sebagai Ratu Inggris di Westminster Abbey pada 2 Juni 1953. Ratu mempunyai empat anak, satu putra dan tiga putra, Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward.
Di usianya 85 tahun, tampaknya Ratu Elizabeth belum membuat keputusan hingga saat ini kepada siapa tahtanya akan diserahkan, kepada putra mahkota pangeran Charles atau sang cucu Pangeran William yang setahun lalu menikah dengan sang kekasihnya Kate Middleton.(Antara/yri)
Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X