ROTASI DEWAN: Pimpinan DPRD Jabar rotasi besar-besaran bagian AKD

antara

BANDUNG (bisnis-jabar): Pimpinan DPRD Jawa Barat melakukan rotasi besar-besaran kepada anggota alat kelengkapan DPRD (AKD). Rotasi tersebut sudah diusulkan oleh seluruh fraksi di DPRD Jabar sejak 2011.

Menurut Ketua DPRD Jabar, Irfan Suryanagara, rotasi AKD baru bisa dilaksanakan pada awal tahun anggaran. “Berdasarkan tatib DPRD, rotasi AKD ini dilakukan di awal tahun anggaran. Nah, kita baru bisa melaknsakan rotasi ini pada akhir Februari,” katanya.

Dalam tatib tersebut, rotasi AKD bisa dilaksanakan di awal tahun anggaran atau ketika anggota dewan sudah menjabat selama 2,5 tahun. Penetapan rotasi AKD tersebut dilaksanakan melalui sidang paripurna di Gedung DPRD Jabar, Jln. Diponegoro, Bandung, Rabu sore kemarin.

Tujuan rotasi AKD di lingkungan anggota dewan menurut Irfan agar adanya penyegaran. Selain itu, rotasi dilakukan berdasarkan hasil evaluasi dari setiap parpol melalui fraksi. Sebab fraksi kepanjangan tangan dari parpol di lembaga DPRD. Selain itu, “rotasi AKD ini pun disesuaikan dengan agenda politik partai,” katanya.

Berdasarkan keputusan sidang paripurna rotasi AKD Komisi A dipimpin oleh Yusuf Puadz (PPP), Wakil Ketua Azhar Aung (Hanura), dan Sugianto Nangolah (Demokrat). Untuk Komisi B, Ketua Komisi Selly Gantina (PDIP), Wakil Ketua Maman Abdurahman (PAN), dan Ade Gozali (Gerindra).

Sementara itu, untuk Komisi C, Ketua Komisi Diah Nurwitasari (PKS), Wakil Ketua Meilina Kartika Kadir (PDIP), dan Sekretaris Arsjad Ardiansyah (Demokrat). Komisi D dipimpin oleh H.M.Q Iswara, Wakil Ketua (Golkar) Adi Gunawan (Demokrat), dan Sekretaris Ineu Purwadewi (PDIP).

Untuk Komisi E, Ketua Komisi, Didin Supriadin (Demokrat), Wakil Ketua, Agus Welianto (PIDP), dan Sekretaris Yod Mintaraga (Golkar).

Ketua Badan Kehormatan (BK) dipimpin oleh Ricky Kurniawan (Gerindra) dan Wakil Ketua Moch. Sobikin (PKS). Ketua Badan Legislasi (Banleg) dipimpin Moch. Achdar Sudrajat (Demokrat) dan Wakil Ketua Ganiwati (Golkar). (ajz)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X