Salurkan KUR, Bank BJB disebut salah satu regional champions

JAKARTA (bisnis-jabar.com): PT Bank BJB Tbk disebut sebagai salah satu bank yang termasuk regional champions dari 13 bank pembangunan daerah yang aktif menyalurkan kredit usaha rakyat

Kolaborasi penyaluran dana kredit usaha rakyat (KUR) hingga awal Agustus 2011 antara 13 Bank Pembangunan Daerah (BPD) bersama 6 perbankan nasional,  telah berhasil melampaui rekor penyaluran 2010 sebesar Rp17,228 miliar jadi Rp17,288 miliar.

”Ini membuktikan bahwa peranan BPD dalam KUR tidak kalah penting dibandingkan dengan perbankan nasional,” ujar Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Choirul Djamhari kepada Bisnis, hari ini.

Fakta ini, kata dia, membuktikan bahwa BPD yang menjadi bagian dari Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) telah menanggalkan tradisi lamanya yang hanya bermain pada captive market, yakni para pegawai instansi pemerintah di daerah.

Keterbukaan pelayanan terhadap umum, khususnya sektor riil selaku pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) harus dihargai. Sebab, BPD berani bersaing secara kompetitif demean perbankan nasional melayani permodalan sector riil.

Menurut Choirul Djamhari, langkah BPD tersebut merupakan inovatif, karena bisa meningkatkan porsi kepercayaan dari pihak ketiga untuk menyertakan modalnya dalam pengelolaan Bank Pembangunan Daerah.

”Ketika BPD mampu menyalurkan kredit ke pasar yang kompetitif non eksklusif, itu berarti mereka sudah mampu bersaing secara wajar. Termasuk untuk mendapatkan dana dari pihak ketiga,” ungkap Choirul Djamhari.

Dari 26 Bank Pembangunan Daerah, hingga saat ini bari 13 yang sudah eksis menjadi penyalkur KUR yang mendapat penjaminan dari pemerintah pusat hingga sebesar 80% untuk kredit usaha mikro dan kecil (UMK) dan 70% untuk kredit usaha menengah.

Hingga saat ini 13 BPD lainnya masih menunggu instruksi dari Kementerian Koordinator Perekonomian selaku Ketua Komite Kebijakan KUR. Jika 13 BPD lain bergabung dalam tugas penyaluran KUR, Choirul optimistis pemberdayaan UMK di daerah-daerah makin optimal.

Pada tahun lalu sumbangsih penyaluran KUR yang disampaikan 13 BPD kepada pelaku sektor riil mencapai Rp2,2 triliun demean jumlah debitor 26.232 orang. Hingga Juli 2011, penyaluran dana mencapai 2,2 triliun dan penerima sebanyak 27.898 orang.

Ke-13 BPD yangtelah bergabung bersama 6 bank nasional menjadi penyalur KUR sejak 2010 adalah BPD DKI Jakarta, BPD Jabar-Banten, BPD Jateng, BPD Jatim, BPD DIY, BPD Nagari, BPD Kalsel, BPD Kalbar, BPD Kalteng, BPD Maluku, BPD Sulut, BPD Papua, dan BPD NTB. (fsi)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X