Shortcut Rel KA Cibungur-Tanjungrasa Tunggu Izin Menhut

BANDUNG (bisnis-jabar.com)–Pemerintah Provinsi Jawa Barat menunggu izin Menteri Kehutanan agar pembangunan jalur pintas KA Stasiun Cibungur Purwakarta dan Tanjungrasa Subang berlangsung mulus.

Staf Ahli Bidang Pembangunan Sekda Prov Jabar Dicky Saromi mengatakan saat ini izin menteri tersebut diperlukan untuk pembebasan lahan seluas 3,62 hektar yang masih berupa hutan.

“Pembebasan lahan untuk shortcut ini sudah mencapai 80%, tak ada hambatan apapun karena masyarakat menerima baik proyek ini,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Kamis (31/8).

Jalur pintas ini menurutnya penting untuk menghubungkan jalur tengah dan utara yang secara beban infrastruktur sudah  berat. Jika jalur ini terwujud, bisa mengambil potensi penumpang jalur tersebut yang cukup tinggi.

“Ini bisa dilihat dari jumlah penumpang angkutan darat Bandung-Cirebon lebih tinggi dibandingkan ke Jakarta,” kata mantan Kepala Dinas Perhubungan Jabar tersebut.

Tak hanya itu potensi juga bisa didapat PT Kereta Api Indonesia dari angkutan barang yang sangat tinggi termasuk angkutan batu bara dari pelabuhan Cirebon ke kawasan industri di Bandung. “Dalam tiga tahun ke depan proyek ini sudah bisa dinikmati masyarakat. Ditjen Kereta Api sendiri sudah siap membangun rel-nya,” katanya.(k57/yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X