Tegal Luar jadi pemicu ekonomi Kabupaten Bandung

SOREANG (bisnis-jabar.com): Pemerintah Kabupaten Bandung akan fokus mengembangkan kawasan kota baru, Tegal Luar, sebagai pemicu roda perekonomian kabupaten tersebut.

Dadang Mohamad Naser, Bupati Bandung, mengungkapkan di kawasan tersebut akan dibangun beberapa sektor industri, seperti perdagangan, jasa, pariwisata, pertanian dan hortikultura, perkebunan, perikanan, peternakan, pembangunan sektor pendidikan, dan pengetahuan.

Data yang diperoleh dari Dinas Perumahan, Penataan Ruang, dan Kebersihan Kabupaten Bandung menunjukkan rencana pembangunan kawasan tersebut akan mencakup empat kecamatan, yakni Bojong Soang seluas 639 hektare, Cileunyi 442 hektare, Rancaekek 1.026 hektare dan Solokan Jeruk 903 hektare.

Menurut Dadang, pembangunan kawasan strategis Tegal Luar telah ditetapkan menjadi bagian dari kawasan andalan cekungan Bandung sesuai dengan Perda Provinsi Jawa Barat No. 2/2003 tentang rencana tata ruang wilayah Provinsi Jawa Barat.

Berdasarkan perda tersebut, cekungan Bandung merupakan salah satu dari delapan kawasan andalan di Jawa Barat.

“Kabupaten Bandung merupakan cekungan pada dataran tinggi Bandung. Pegunungan dan perbukitan tersebut mengelilingi wilayah ini, terbentang memanjang pada bagian utara, selatan, dan barat yang berfungsi sebagai daerah tangkapan air sehingga menjaga keseimbangan hidrologis yang merupakan kawasan persawahan,” ujarnya melalui siaran pers yang diterima bisnis-jabar.com, hari ini.(asm)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X