TIPS: Ini Dia Cara Penyemangat Kerja

Ilustrasi/Blackonleadership

Ilustrasi/Blackonleadership

JAKARTA—Tak ada orang yang sempurna dan kadang Anda pun bisa membuat kesalahan. Di lingkungan kantor, kesalahan merupakan sebuah proses pembelajaran, begitu pula saat orang lain mengkritik Anda.

Berikut ini adalah beberapa tips cara menerima kritikan di tempat kerja dan bagaimana mengubahnya menjadi penyemangat.

Evaluasi diri

Rekan kerja atau bos mungkin mengkritik Anda yang sering terlambat, tidak memiliki persiapan, tidak teratur, tidak bisa bekerja sama, dan lain sebagainya. Jangan melihat ini sebagai serangan terhadap kepribadian Anda, tapi lakukan evaluasi diri untuk melihat apakah komentar itu benar.

Jika ya, maka anggap hal tersebut sebagai peringatan pada Anda untuk memperbaiki diri. Lebih baik mereka mengkritik Anda, karena ada harapan mereka agar Anda bisa jadi lebih baik, ketimbang mereka hanya diam dan menjelekkan Anda di belakang.

Cari faktanya

Sebelum mempercayai opini atau asumsi seseorang, maka mintalah mereka menunjukkan faktanya. Jika Anda menerima kritik, pastikan untuk mendapatkan rincian dan deskripsi dari hal-hal yang menyebabkan masalah kerja. Setelah mendapatkan kejelasan, ini bisa menjadi contoh bagi Anda untuk menangani masalah lainnya di masa depan.

Fokus pada masa depan

Setelah mengetahui kesalahan dan memahami situasi Anda sekarang, jangan terlalu keras pada diri sendiri. Lebih baik fokus pada masa depan dan bagaimana cara Anda untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Cobalah bersikap lebih positif dan lakukan perbaikan, ketimbang terus-menerus memikirkan kritikan tersebut.

Pahami kelebihan Anda

Jangan biarkan kelemahan Anda membayangi kemampuan kerja Anda. Pahami juga apa yang menjadi kelebihan Anda dan tunjukkan itu saat bekerja di kantor. (Careerbuilder/Wikihow/aw/k29/yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X