WANITA ARAB: Boleh Olahraga, Tapi Tidak Boleh Menyetir

Atlet perempuan dari Arab Saudi yang berlaga di Olimpiade 2012/Reuters

Atlet perempuan dari Arab Saudi yang berlaga di Olimpiade 2012/Reuters

JAKARTA — Saudi Arabia- Saudi Arabia mulai membolehkan wanita untuk ikut ambil bagian dalam olahraga. Padahal selama ini negara Petro Dollar itu melarang perempuan turut serta dalam olahraga.

Baru-baru ini keluar sebuah aturan yang memperbolehkan perempuan untuk ikut serta dalam olahraga. Melalui kantor berita resmi Saudi Arabia, sekolah-sekolah diperbolehkan mengikutsertakan perempuan dalam pelajaran olahraga. Namun mereka harus tetap sesuai hukum syariah seperti berpakaian yang tertutup.

“Ini cuma masalah waktu” ujar Aziza Youssef, seorang profesor di Universitas King Saudi. Menurut juru bicara kementrian pendidikan,Mohammed al-Dakhini, keputusan ini diambil karena islam mengajarkan hal ini namun tetap harus sesuai syariah.

Semenjak 2010, olahraga untuk perempuan merupakan salah satu hal yang tabu untuk dilakukan. Sehingga hal ini biasanya dilakukan secara ilegal dan dibawah tanah.

Satu hal lagi yang patut untuk diberitakan yaitu, perempuan akan boleh duduk dikursi pemerintahan pada 2015. Namun disatu sisi, perempuan masih tidak diperbolehkan untuk menyetir kendaraan sendiri atau beraktifitas tanpa persetujuan lelaki.(Kabar24/Gawker/ad/k29/yri)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X