Warga Kab Bandung wajib minum obat kaki gajah

BANDUNG (bisnis-jabar.com): Penduduk Kabupaten Bandung diwajibkan mengonsumsi obat anti filariasis yang diberikan secara gratis pemerintah daerah mulai 5 Desember 2011.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Achmad Kustiadi menuturkan obat tersebut harus dikonsumsi untuk mencegah terjangkitnya penyakit filariasis atau kaki gajah.

“Obat ini hukumnya wajib diminum oleh penduduk sebagai langkah pencegahan, karena kalau terjangkit penyakit ini susah obatnya,” ungkapnya hari ini.

Kustiadi menyebutkan sampai akhir tahun ini jumlah penduduk kabupaten tersebut yang positif terjangkit filariasis mencapai sebanyak 43 orang atau 1,2 % dari jumlah penduduk 3,2 juta jiwa.

Dia menegaskan penyakit filariasis bukanlah penyakit menular. “Penduduk tidak boleh mengucilkan orang yang terkena penyakit ini, karena sifatnya tidak menular,” ungkapnya.

Menurut dia, filariasis disebabkan nyamuk filaria yang menyebar di daerah endemis. Kabupaten Bandung telah melakukan pengobatan anti filariasis sejak 2009 lalu.

“Sekarang memasuki tahun ketiga. Mudah-mudahan seluruh penduduk mau melaksanakan anjuran ini,” ujarnya. (fsi)

Tag Terkait

Berikan Komentar

DISCLAIMER : Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi BisnisJabar. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

Catatan : Email anda tidak akan ditampilkan. Hanya Nama dan Komentar yang akan ditampilkan.

*

Baca Deh!

X